Serba-serbi Tentang ‘Mimpi Basah’ pada Pria

Jakarta – Sebagian besar pria pernah mengalami yang namanya ‘mimpi basah’. Kondisi ini terjadi di waktu malam, ketika pria tertidur dan secara ilmiah dikenal dengan nocturnal emission, atau ‘pelepasan di waktu malam’.

Mimpi basah sendiri mengandung arti, ejakulasi yang terjadi ketika pria tidur. Biasanya terjadi ketika seseorang memimpikan tentang seks, namun seringkali mereka tidak sadar atau tidak ingat mimpi tersebut.

Mimpi basah tidak selalu terjadi pada setiap pria. Lalu, kenapa ada pria yang suka mimpi basah dan ada yang tidak? Apa yang menyebabkan terjadinya hal tersebut?

Dijelaskan ahli urologi (ilmu kedokteran yang mempelajari kelainan saluran kemih dan genital pada laki-laki) Dr. Joseph Sonstein, M.D., dari University of Texas Medical Branch, mimpi basah bisa jadi disebabkan oleh peningkatan jumlah testosteron, yang terjadi ketika seseorang tidur.

“Pria yang beranjak dewasa memiliki tingkat testosteron sangat tinggi, sehingga lebih sering mengalami mimpi basah ketimbang pria dewasa atau yang lebih tua,” ujar Dr. Joseph seperti dikutip dari Men’s Health US.

Normalkah pria yang sering mengalami mimpi basah, bahkan bisa setiap malam? Pada remaja pria atau pria yang beranjak dewasa, sering mimpi basah adalah hal yang normal dalam masa pertumbuhan. Sebab, tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengontrol atau menghentikan timbulnya mimpi sensual tersebut.

Beberapa pria mengalami mimpi basah beberapa kali dalam seminggu, ada pula yang hanya satu atau dua kali selama hidupnya. Semakin sering seorang pria berhubungan seks atau masturbasi, maka kemungkinan ia mengalami mimpi basah akan semakin jarang.

Jika mimpi basah lumrah terjadi pada remaja pria yang memasuki masa pubertas, bagaimana dengan pria dewasa yang mengalaminya? Kemungkinan disebabkan karena pria tersebut kurang berhubungan seks, atau tidak bercinta dalam waktu yang lama.

Menurut Dr. Joseph, mimpi basah bisa terjadi ketika ada jeda periode yang cukup panjang dengan terakhir kali seorang pria orgasme. Ejakulasi di malam hari ini merupakan cara tubuh untuk menjaga kualitas sperma. Dengan ejakulasi, maka akan terjadi penggantian sperma lama. Hal ini memungkinkan tubuh memproduksi suplai sperma yang baru.

Mimpi basah seharusnya tidak membuat seorang pria merasa terganggu atau tidak nyaman saat mengalaminya. Namun jika hal yang seharusnya ‘normal’ itu membuat pasangan Anda merasa bersalah atau tidak nyaman –karena beberapa mimpi menimbulkan imej yang kurang menyenangkan atau aneh– atau berkali-kali terjadi pada pria dewasa, maka disarankan mendiskusikannya dengan seseorang yang dipercaya. Bisa dengan orang terdekat (misalnya istri), dokter spesialis, pakar seks atau psikolog karena mungkin saja ada sesuatu dalam hubungan yang kurang memuaskan sang pria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Need Help? Chat with us